Search

Presentasi Dengan Whiteboard Animasi, Kenapa Tidak?



Ingin buat personal profile video seperti ini? Info selengkapnya telepon 081289078211

Wednesday, March 13, 2013

Cara buat presentasi secara sederhana

Berikut cara sederhana membuat presentasi dengan PowerPoint

1. Permulaan

Buka PowerPoint, Anda akan melihat slide kosong dengan ruang untuk judul dan subjudul dalam dua kotak. Anda dapat menggunakan halaman ini untuk
mulai membuat presentasi Anda secara langsung. Anda dapat menempatkan sebuah judul dan subjudul dalam kotak-kotak tersebut jika Anda mau (klik di dalam kotak dan ketikkan sesuatu). Anda bisa juga menghapusnya dan memasukkan apapun yang Anda inginkan.

2. Buat slide

Kotak "subjudul" merupakan wadah
untuk menyisipkan teks. Bila kita tidak ingin ada teks di sana, kita bisa menyingkirkan kotak ini dengan mengklik salah satu garis di ujung kotak
(Dengan menyorotnya) dan kemudian hapus (del). Untuk menempatkan gambar ke ruang ini, cari Insert pada menu bar dan pilih gambar Anda. Pastikan gambar yang ingin Anda sisipkan disimpan dalam sebuah file (dalam My Pictures atau pada flash drive misalnya) dan pilih dari daftar.

Catatan: Gambar yang akan Anda
disisipkan pada slide bisa jadi kebesaran sehingga menutupi seluruh slide Anda. Tentukan gambarnya, buatlah lebih kecil dengan menekan tepi garis dengan pointer mouse Anda, lalu tarik sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

3. Slide Baru

Kini Anda sudah memiliki judul Slide yang menawan. Anda bisa buat halaman-halaman presentasi lainnya. Cari menu bar pada bagian atas halaman dan pilih Insert New
Slide. Anda akan melihat sebuah slide baru yang kosong yang kelihatan sedikit beda. Dari sini nantinya Anda akan terbiasa dengan perintah "Click to add title" and "Click to add text."

Anda bisa ketik judul dan teks pada kotak-kotak itu, atau Anda bisa hapus dan tambahkan objek apapun yang Anda suka dengan menggunakan Insert
Menu.

4. Butiran dan Teks alinea

Gunakan kotak pada template slide untuk menyisipkan judul dan teks mengikuti desainnya. Halamannya memang dibuat untuk menyisipkan teks pada format bullet (butiran) Anda bisa gunakan butiran atau Anda bisa menghapusnya, dan juga mengetikkan sebuah alinea.

Jika Anda memilih pakai format butiran
Anda tinggal mengetik teks Anda dan tekan return untuk membuat butiran-butiran berikutnya agar tampil di layar.

5. Tambahkan Desain

Setelah beberapa tampilan slide pertama tercipta, Anda boleh saja menambah desain pada presentasi Anda agar terlihat lebih professional. Ketikkan teks yang Anda mau pada slide baru Anda dan cari Format pada menu bar dan pilih Slide Design. Desain pilihan Anda akan muncul pada bagian kanan halaman. Tinggal klik desain yang berbeda untuk melihat seperti apa bentuk slide Anda. Desain yang Anda pilih akan serupa dengan dengan seluruh desain Anda secara otomatis.
Anda bisa bereksperimen dengan banyak desain dan menggantinya kapan pun Anda mau.

6. Tonton Slide Show Anda!

Anda bisa preview slide show Anda kapan saja. Untuk melihat seperti apa kreasi baru Anda bekerja cari View pada menu bar dan pilih Slide Show. Presentasi Anda akan muncul. Untuk memindahkan slide satu sama lain, gunakan panah pada tuts keyboard komputer Anda. Untuk kembali ke desain, tinggal klik "Escape" key.

Kini Anda sudah punya cukup pengalaman dengan PowerPoint dan silahkan berlatih dengan fitur-fitur lain disana.

Salam sukses!

No comments:

Post a Comment

Presentasi Lucu